KONGRES ANAK INDONESIA

MTsN Model Amuntai, Masel- MTsN Amuntai mengirim sebanyak 8 orang untuk mengikuti Kongres Anak Indonesia pada tanggal 11 s/d 12 Nopember 2014 yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kab. Hulu Sungai Utara.
Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Propinsi Kalimantan Selatan yang bertujuan untuk melatih anak-anak dalam mngeluarkan pendapatnya dan dapat lebih peduli dengan permasalahan pada anak di Indonesia. Kongres Anak Indonesia ini diikuti sebanyak 150 anak dari berbagai sekolah di Kab. HSU.  Acara ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Propinsi Kalsel. Para narasumbernya berasal dari Lembaga Perlindungan Anak UNLAM.
            Acara yang diselenggarakan ini dapat  menambah wawasan tentang permasalahan anak di Indonesia, dengan narasumbernya yang asik sehingga suasana di ruangan tersebut tidak membosankan. Ditambah lagi dengan berbagai sesi misalnya, sesi ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Pada hari pertama anak-anak dibagi dalam 5 komisi.  Masing- masing komisi mendapat permasalahan anak untuk disidangkan. Dalam sidang komisi kecil, semua anak berhak mengeluarkan pendapatnya dalam permasalahan yang dibahas pada komisi itu.
          Hasil sidang komisi kecil tersebut, akan diprensentasikan anak dalam sidang komisi besar. Disini anak dilatih menjadi seorang narasumber yang sungguh-sungguh. Dalam sidang komisi besar hanya 4 orang perwakilan dari tiap-tiap komisi untuk mempresentasikan hasil dalam sidang komisi kecil. 
            Pada hari terakhir akan ditentukan siapa yang berhak menjadi Duta Anak perwakilan Kalimantan Selatan, yang akan dikirim ke Bandar Lampung pada tanggal 23 Juli 2015 yang akan datang.  Duta Anak tersebut dipilih dan ditentukan oleh anak-anak. Yang menjadi Duta adalah  2 orang dari SMAN 1 Amuntai, 1 orang dari SMAN 1 Sungai pandan,  2 orang dari MAN 2 Amuntai, 1 orang dari SMKN 2 Amuntai, 1 orang dari MA Nipi Rakha, 1 Orang dari  MA Nipa Rakha, 1 orang dari MAN 1 Amuntai, 1 MTs Nipa Rakha.     Acara tersebut ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Hulu Sungai Utara. (ref : masel mtsn)

Tidak ada komentar: