SOSIALISASI PENANGGULANGAN BENCANA

MTsN Model Amuntai, Masel. Siswa-siswi MTsN Model Amuntai mengikuti sosialisasi penanggulangan bencana bagi siswa (i) tingkat SLTP se-Kabupaten Hulu Sungai Utara tahun 2014. Acara ini dilaksanakan di 10 sekolah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara. MTsN Model Amuntai
terpilih menjadi tempat pertama pembukaan secara resmi sosialisasi penanggulangan bencana ini, yang dilaksanakan pada hari Senin (24/11/2014) pukul 09.30-selesai, bertempat di Aula MTsN Model Amuntai.
Peserta dalam kegiatan terdiri dari 36 orang siswa dari kelas VII, 40 orang siswa dari kelas VIII, dan 24 siswa dari kelas IX MTsN Model Amuntai. Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh semua peserta, kemudian dibuka secara resmi Bupati Hulu Sungai Utara yangdiwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.
Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah dalam rangka pembekalan dan penyamaan persepsi tentang pengertian bencana dan cara menanggulanginya. Sebagai nara sumber dalam pelatihan ini adalah Bapak H. Subeli, S.Pd.,M.Pd.
Dalam hal ini beliau memaparkan tentang karakteristik bencana, pertolongan pertama saat bencana dan pandangan agama terhadap bencana. Beliau juga menjelaskan peristiwa-peristiwa bencana alam yang ada di Indonesia. Hadir pula beberapa orang narasumber yang mendukung acara ini antara lain dari perwakilan Dinas Kesehatan dan Pokjaluh Kemenag Kabupaten Hulu Sungai Utara. Nawawi Abdurrauf selaku Pokjaluh Kemenag HSU menyampaikan pandangan agama terhadap bencana yang terjadi dan menyikapi bencana tersebut dari segi agama. Dengan peristiwa tersebut siswa (i) MTsN Model Amuntai tahu cara menghadapi bencana dari segi agama. Acara berakhir pada pukul 12.30 wita.

Tidak ada komentar: